Telkom Kerahkan Startup Binaan Melalui Platform Indonesia Bergerak

Senin, 13 April 2020 09:06

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Telkom Grup mengajak pemerintahan, masyarakat dan swasta untuk memanfaatkan delapan aplikasi dari sejumlah startup binaannya. Aplikasi-aplikasi tersebut mampu membantu kerja-kerja pemerintah hingga menyediakan kebutuhan masyarakat di masa pandemik Corona ini.

Awalnya terdapat empat startup binaan yang dikerahkan Telkom Grup melalui MDI Ventures, yakni Kata.ai, Qiscus, Volantis dan Qlue. Kemudian sejalan dengan perkembangannya, turut melengkapi empat aplikasi dari startup lainnya yang bisa membantu masyarakat dalam menghadapi masalah yang diakibatkan oleh virus Corona, yakni Paket.id, Alodokter, Opsigo dan PrivyID.

Aplikasi Kata.ai adalah chatbot platform berbasis Bahasa Indonesia yang banyak digunakan perusahaan-perusahaan terkemuka untuk melayani komunikasi dengan pelanggannya. Aplikasi ini bisa membantu masyarakat dalam mencari informasi terkait Covid-19 secara real time.

Kemudian aplikasi Alodokter sebagai platform yang bisa dimanfaatkan mengecek resiko tertular virus Covid-19 secara gratis. Bahkan bisa dilanjutkan untuk konsultasi dengan dokter berpengalaman.

Untuk urusan pendistribusian kebutuhan pokok, ada aplikasi Paket.ID. Aplikasi ini telah digunakan untuk membantu pendistribusian sembako dari pemerintah kepada target penerima bantuan.

Aplikasi selanjutnya adalah Qlue yang merupakan aplikasi solusi kota cerdas yang banyak digunakan oleh pemerintah provinsi maupun kota dalam membantu mengatur jalannya pemerintahan dan layanan warga. Dengan teknologi yang dimilikinya, Qlue menghadirkan fitur pelaporan warga terkait Covid-19. Qlue juga memiliki teknologi ‘AI Video Analytics’ yang dapat membantu pemerintah untuk mengidentifikasi kendaraan maupun warga yang melanggar peraturan PSBB

Komentar


VIDEO TERKINI