26 ABK Positif Corona, KM Lambelu Sandar Isi BBM dan Ransum di Pelabuhan Makassar

Selasa, 14 April 2020 15:39

KM Lambelu sandar di Pelabuhan Makassar. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kapal Motor Lambelu akhirnya bisa sandar ke Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa (14/4/2020). Meski sandar, Anak Buah Kapal (ABK) dilarang turun dari kapal. Termasuk 26 ABK yang sudah lebih dahulu dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

Kepala Bidang Lalu Lintas, Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Sirajuddin mengatakan hasil rapat seluruh jajaran kepelabuhanan dan gugus tugas penanganan Covid-19 disepakati KM Lambelu sandar di Dermaga Hatta ujung selatan pukul 06.30 pagi tadi.

“KM Lambelu sandar dengan berbagai pertimbangan diantaranya untuk memudahkan pengawasan dan pemantauan terhadap aktifitas ABK dan Mitra Pelni di atas kapal. Kemudian untuk pengisian BBM, air tawar, logistik dan keperluan lain,” ungkap Sirajuddin, Selasa (14/4/2020).

Selain itu, untuk memudahkan Tim petugas KKP Kelas I Makassar dan Dinas Kesehatan dalam pengambilan specimen (swab) terhadap sisa ABK yang belum dilakukan pengujian.

Sementara itu terkait posko pengamanan yang akan didirikan, rencananya akan dijaga oleh Personil Kantor OP Utama Makassar, Personil Kantor Kesyahbandaran Makassar, Personil Polres Pelabuhan Makassar, Den Intel Kodam XIV Hnd, Polsek Pelabuhan Sukarno Hatta (SUTA), Personil TNI AL Lantaman VI Makassar, Personil Koramil Wajo, Security PT.Pelni Makassar dan Security PT.Pelindo Makassar.

“Setelah melalui evaluasi dan pertimbangan bahwa dalam beberapa hari pelabuhan pada posisi zona karantina. Pengawasan dan pemantauan kurang efektif dan dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,”tutupnya.

Bagikan berita ini:
8
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar