40 Penumpang Kapal Pelni KM Kelud Positif Covid-19, Langsung Dikarantina di RS Infeksi Khusus Galang

Selasa, 14 April 2020 08:44

Para penumpang KM Kelud usai menjalani proses pemeriksaan kesehatan dan juga uji rapid test COVID-19 di Pelabuhan Belawa...

FAJAR, BELAWAN – Puluhan penumpang Kapal Pelni KM Kelud terpaksa menjalani karantina sementara di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III di Desa Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Hal itu menyusul kabar 40 anak buah kapal (ABK) yang dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani rapid test di Batam.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah, Senin (13/4), mengatakan bahwa seluruh penumpang dan ABK akan dikarantina sementara selama kurang lebih tiga hari.

Namun, apabila hasil rapit test positif COVID-19, maka akan langsung diisolasi di rumah sakit.

“Apabila hasil rapid test negatif, maka para penumpang dikarantina di PTPN III di Desa Sei Karang sedangkan para ABK akan dikarantina di kapal,” katanya yang ditemui di Pelabuhan Belawan.

Sebelumnya, sebanyak 40 ABK M Kelud yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan bersandar di pelabuhan Batu Ampar Kota Batam dinyatakan positif COVID-19.

Total penumpang yang dibawa sebanyak 111 orang, dimana 31 orang turun di pelabuhan batu Ampar, 44 orang turun di pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan 36 orang turun di Pelabuhan Belawan.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh KKP Kelas 1 Khusus Batam terhadap anak buah kapal (ABK), diketahui salah seorang di antaranya yang berinisial TF, positif COVID-19 berdasarkan hasil rapid test.

Komentar


VIDEO TERKINI