BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Triwulan I 2020 di Kisaran 6 Persen

Selasa, 14 April 2020 09:44

Direktur Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Sulsel, Endang Kurnia Saputra. (Qswanty/fajar...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan 1 2020 masih berjalan normal belum terlalu kena dampak wabah virus corona (Covid-19).

Direktur Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Sulsel, Endang Kurnia Saputra memperkirakan pertumbuhan ekonomi di triwulan I 2020 mencapai 6,5 – 6,9% (yoy) ditopang oleh akselerasi lapangan usaha pertanian dan perdagangan.

Sementara itu, pertumbuhan konsumsi rumah tangga relatif stabil, namun net ekspor relatif membaik. Meski tekanan inflasi relatif meningkat, namun masih dalam kisaran sasaran 3±1%.

“Perkiraan pertumbuhan ekonomi ini masih belum mempertimbangkan dampak penyebaran COVID-19. Namun, Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan perekonomian dan menempuh respon yang diperlukan sesuai kewenangan,” kata Endang, Selasa (14/4/2020).

Pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi di awal tahun ini akan lebih renda dibandingkan akhir tahun 2019 lalu. Di mana saat itu pertumbuhan ekonomi sebesar 6,48% (yoy). (anti/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI