Camavinga, Permata Prancis yang Jadi Rebutan Raksasa Eropa

Selasa, 14 April 2020 17:31

Eduardo Camavinga/Tim Clayton/Corbis via Getty Images

FAJAR.CO.ID, RENNES—Prancis tidak pernah kehabisan bakat muda di lapangan hijau. Setelah Kylian Mbappe menggemparkan dunia dengan kehebatannya di lini serang, kini muncul lagi remaja 17 tahun bernama Eduardo Camavinga.

MEMBUAT debut profesional untuk Rennes menghadapi Angers pada 6 April 2019 ketika masih berusia 16 tahun dan 4 bulan, Camavinga bak roket. Hanya setahun setelah “mengumumkan” kehadirannya di tim senior, ia sudah menjadi pemain yang paling diburu di Eropa.

Real Madrid, Arsenal, Manchester United,Liverpool, AC Milan, Juventus, Borussia Dortmund, hingga Tottenham Hotspur adalah klub besar yang sudah menulis nama pemain kelahiran Angola, 10 November 2002 tersebut dalam daftar belanja mereka. Dan Rennes menurut L’Equipe sudah memberi label harga 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun pada permata Prancis itu.

Walau harga pasarnya menurut data Transfermarkt per 8 April hanya 37,50 juta euro atau sekitar Rp642 miliar, seluruh klub itu tidak akan ragu merogoh kocek mereka memenuhi permintaan Rennes. Dengan penampilannya sejauh ini, ia digadang-gadang akan menjadi bintang besar di masa depan.

Statistik Camavinga musim ini menggaransi setiap prediski pakar tentang dirinya. Di Ligue 1 musim 2019/2020, Camavinga sudah mencatatkan 25 penampilan. Dari seluruh penampilannya itu, pemain berpostur 182 cm tersebut menjadi starter dalam 24 laga.

Kedewasaan dan ketenangan pemain timnas Prancis U-21 itu memberikan rasa aman di lini tengah Rennes. Itu sangat penting artinya dalam membantu mereka bersaing dengan Marseille untuk menempati posisi kedua dalam tabel Ligue 1 musim ini.

Diario AS dalam laporan mereka menyebut bahwa Camavinga adalah gelandang bertahan yang mewakili karakter beberapa pemain top. Ia diklaim adalah kombinasi gelandang Madrid saat ini, Casemiro dan Chelsea N ‘Golo Kante dalam gaya bermain. Sementara secara fisik, ia mirip Paul Pogba.

Situs penyedia statistik sepak bola, Whoschored, menyebut Camavinga adalah pemain dengan tackling yang sangat kuat dan nyaris tidak memiliki kelemahan. Tak mengherangkan, Whoschored memberi rating cukup tinggi pada remaja tersebut.

Dengan statusnya sebagai gelandang paripurna, Real Madrid kabarnya sangat ngotot membeli Camavinga. Los Blancos menurut TheHardTackle.com ingin menjadikan Camavinga sebagai pengganti jangka panjang untuk Toni Kroos atau Luka Modric.

Pelatih Rennes, Julien Stephan dalam sebuah wawancara dengan Canal Plus menyebut Camavinga yang menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk tim pertama Rennes memang sangat luar biasa. “Dia adalah pemain dengan potensi yang sangat besar,” kata Stephan dikutip dari get football news france.

Stephan pun menyadari sulitnya menahan sang pemain untuk tinggal lebih lama di Rennes. Namun, sang mentor menegaskan, dia adalah pemain muda yang perlu mengkonfirmasi kemampuannya tepat waktu dan ia berharap Camavinga masih mau bertahan setidaknya hingga musim depan.

“Realitas pasar bisa berbeda, tetapi keinginan saya adalah untuk melihat Eduardo Camavinga menghabiskan musim tambahan di Rennes dan di Ligue 1 untuk memungkinkan dia mengkonfirmasi kualitasnya dan kemudian pergi setelah itu untuk tim yang lebih terkenal,” tegasnya. (amr)

TENTANG CAMAVINGA

Komentar


VIDEO TERKINI