Fokus Pembatasan di Empat Kecamatan

Selasa, 14 April 2020 16:19

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –Sembari menunggu PSBB, ada empat kecamatan jadi fokus pembatasan di Makassar. Yakni, Makassar, Ujung Pandang, Rappoconi, dan Tamalate.

SEJAUH ini, belum ada permohonan resmi mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari Pemkot Makassar. Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) jadi opsi di tengah kajian pemberlakuan PSBB.

Pada dasarnya, semua kecamatan di Makassar diminta untuk menerapkan PSBK. Hanya saja, pengetatan pembelakuannya ada di empat kecamatan dahulu. Khusus Kecamatan Ujung, dianggap vital karena di situ merupakan pusat pemerintahan.

“Kecamatan Makassar juga di anggap rawan. Sedangkan Rappocini dan Tamalate itu memang kasusnya besar,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar, Ismail Hajiali, Senin, 13 April.

Pengetatan di empat kecamatan itu akan diikuti dengan tindakan-tindakan represif. Gugus tugas bakal mengintervensi empat kecamatan tersebut. Mulai dari sosialisasi social distancing, physical distancing, hingga penyemprotan disinfektan.

“Saya kira dari pihak kepolisian dan TNI akan bertindak tegas kalau sudah diingatkan. Apalagi kalau orang-orang yang beraktivitas tanpa menggunakan masker,” tandasnya.

Persiapkan PSBB

Saat ini, Pemkot Makassar sedang mempersiapkan pengusulan pemberlakuan PSBB. Rencana tersebut sudah mulai dibahas bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda). Segala persiapan dan dampak penerapannya kini dikaji lebih dalam.

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan Makassar sudah mesti mengambil langkah lebih maju. Penyebaran kasus yang terus meningkat setiap harinya menjadi pertimbangan. Saat ini, tindakan yang diambil sudah mengarah ke PSBB, meski belum menyeluruh alias masih parsial.

Komentar