Ridwan Kamil Minta Perusahaan Tes Covid-19 Secara Mandiri

Selasa, 14 April 2020 12:00

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengusulkan agar industri atau perusahaan bisa melaksanakan tes proaktif secara mandiri, baik rapid diagnostic tes (RDT) Covid-19 dengan sampel darah maupun polymerase chain reaction dengan sampel swab (usap) untuk seluruh pegawai.

Usul tersebut telah disampaikan kepada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melalui video conference di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung.

Gubernur mengatakan, sektor industri dengan multiplier effect-nya merupakan tulang punggung ekonomi di Jabar. Apalagi, sekira 60 persen industri nasional dengan mayoritas manufaktur berlokasi di provinsi dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa itu. Namun, pandemi Covid-19 membuat nyaris semua sektor industri terdampak. Sehingga, 60 persen unit usaha mempekerjakan karyawan secara work from home (WFH), sementara 40 persen lainnya tidak bisa memindahkan kegiatan kerja ke rumah alias tetap beroperasi.

”Kita perketat saja protokol kesehatannya, salah satu usul kami adalah Jawa Barat ingin mewajibkan perusahaan melaksanakan rapid test mandiri, sehingga dari direktur utama sampai satpam semuanya harus bebas Covid-19 agar karyawan bisa bekerja normal,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara pada Selasa (14/4).

Ridwan mengatakan, aturan yang dibuat dalam penanggulangan dampak Covid-19 terhadap sektor industri tidak bisa disamakan di setiap perusahaan. Sebab, harus melihat peta persebaran virus tersebut. Bila sudah melaksanakan tes, perusahaan bisa melaksanakan operasional pabrik ataupun administrasi perkantoran dengan memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Komentar


VIDEO TERKINI