Teliti Skandium, Adi Maulana jadi Profesor Geologi Termuda

Selasa, 14 April 2020 13:34

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Gelar profesor atau guru besar menjadi idaman insan akademik yang begelut di bidang-bidangnya masing-masing. Biasanya, akademisi di Indonesia meraih gelar professor setelah berusia 40 tahun.

Namun, ada beberapa orang Indonesia yang mendapat gelar di bawah usia 40 tahun. Adi Maulana salah satunya.

Dosen Teknik Geologi Unhas, ini mendapat gelar tersebut saat berusia 39 tahun. Dan itu menjadi yang tercepat dalam dunia Teknik Geologi. Hal membanggakan lainnya adalah dia masuk dalam 10 besar guru besar teknik Geologi yang masih aktif.

Dalam makalah guru besarnya dia membahas tentang logam Skandium. Logam dengan simbol Sc ini merupakan logam tanah jarang yang terdapat pada lapisan hasil pelapukan batuan ultrabasa yang banyak dijumpai di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Skandium ini merupakan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan pesawat, campuran logam, dan solid oxide fuel cell (SOFC). SOFC merupakan suatu penemuan baru berupa seperangkat alat yang terdiri dari komponen elektrokimia yang mampu menghasilkan energi listrik secara langsung dari hasil reaksi kimia melalui proses oksidasi.

SOFC mampu menghasilkan listrik yang sangat besar dengan tingkat efesiensi yang sangat tinggi dan biaya produksi yang murah. Scandium sangat diperlukan sebagai elektrolit dalam SOFC ini.

“Sampai saat ini belum ada tambang scandium di dunia, sehingga kebutuhan untuk scandium hanya dipasok dari proses daur ulang material-material yang mengandung unsur Skandium. Hal ini menyebabkan harga Skandium sangat mahal,” kata suami dari Kumalasari ini, Senin (13/4/2020).

Komentar


VIDEO TERKINI