Bea Cukai Berikan Fasilitas Kemudahan Bagi Pelaku Usaha

Rabu, 15 April 2020 21:01

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19,  Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) telah menerbitkan berbagai kebijakan dalam bentuk fasilitas dan kemudahan bagi pelaku usaha dan masyarakat luas. Fasilitas dan kemudahan tersebut diberikan guna menjaga keberlangsungan industri khususnya industri kecil dan menengah (IKM) serta mendorong ketersediaan alat pelindung diri, alat kesehatan, dan obat-obatan untuk masyarakat. Sejauh ini total ada 12 fasiitas yang digelontorkan Bea Cukai.

Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas II Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Tommy Prasetyo Utomo mengatakan, dalam bentuk realisasinya, Kanwil Bea Cukai Sulbagsel telah menerbitkan persetujuan pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor, atas hibah Alat Kesehatan yang dihibahkan oleh PT. Obsidian Stainless Steel dan Virtue Dragon Nickel Industry.Fasilitas Fiskal tersebut diberikan sebagai tindak lanjut kesepakatan SOP bersama antara DJBC dengan BNPB sebagaimana tertuang pada KEP-113/BC/2020 terkait penanganan wabah Covid-19.

“Kami pun wajib memastikan proses bongkar muatannya bebas Covid-19. Sehingga prosesnya agak lama diserahkan ke Pemda,” kata Tommy, Rabu (15/4).

Adapun alat kesehatan yang dihibahkan berupa, Disposable Protective Clothing for Medical Use, Medical Protective Mask, Disposable Mask, Infrared Forehead Thermometer Manual, dan Respiratory Therapy Product. Datang dari Tiongkok dalam 3 container 20ft dengan kapal MV Merging Grand.

Komentar


VIDEO TERKINI