Cara Ampuh Bubarkan Warga, Polisi Semprotkan Disinfektan Berbau

Rabu, 15 April 2020 10:49

Polisi menyemprotkan disinfektan ke pengunjung warkop. (Ishak/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Satuan Sabhara Polres Pelabuhan Makassar melibatkan satu unit mobil water canon, untuk membubarkan warga yang masih berkerumun.

Mobil yang biasa dipakai membubarkan massa saat ada aksi unjuk rasa itu, mengangkut disinfektan untuk disemprot ke tempat umum. Termasuk warga yang berkumpul di tengah pandemi virus corona.

Namun siapa sangka, pembuatan disinfektan ala polisi rupanya sangat mudah. Bahannya pun mudah didapatkan, baik di minimarket maupun di pasar tradisional.

“Bahan-bahannya itu ada dari pembersih lantai (Wipol), pembersih pakaian (Bayclin), termasuk kaporit,” kata Kasat Sabhara Polres Gowa, Iptu Fada, Rabu (15/4/2020).

Perwira berpangkat dua balok ini mengaku, aroma dari kaporit dari disinfektan yang disemprot itu dianggap ampuh.

Masyarakat yang biasanya berkumpul di warkop, kini perlahan mulai berkurang. Mereka takut disemprot disinfektan yang memiliki aroma yang kurang sedap, akibat campuran kaporit tersebut.

“Memang ada kaporit yang kami campuran. Tapi itu ada takarannya. Jadi aman,” tambah Fada.

Ada beberapa titik yang dijadikan lokasi untuk membubarkan masyarakat yang berkumpul. Diantaranya di Jalan Tarakan, Jalan Barukang, dan di Jalan Cakalang.

Sejumlah warkop dan warnet ditemukan masih beroperasi. Bahkan sampai malam hari. Olehnya itu, pihaknya mengerahkan mobil water canon yang mengangkut disinfektan untuk membubarkan mereka.

Komentar


VIDEO TERKINI