Mantan Kabid PSP Bantah Adanya Jual Beli Bantuan Pertanian

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Adanya isu jual beli alat mesin pertanian menjadi bahan pembicaraan saat ini. Mantan Kepala Bidang Prasarana, Sarana Peratnian (PSP), Yayasir Laide, yang menangani bantuan Alsintan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Wajo membantah adanya dugaan tersebut.

Ia menjelaskan, berdasarkan data bantuan tahun 2019 bahwa penyaluran bantuan alat mesin pertanian itu sudah sesuai dengan prosedur.

"Penyaluran bantuan alsintan kepada kelompok tani (Poktan) itu sudah sesuai dengan prosedur," ungkap Yayasir yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Katahanan Pangan Wajo.

Ia mengaku, tidak pernah menerima pungutan biaya dari poktan. "Tidak pernah ada pungutan biaya dari kelompok tani yang menerima bantuan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, salah seorang warga di Kecamatan Belawa berinisial HS mengaku, mendapat kepercayaan dari Kepala Dinas Pertaniaan dan Katahanan Pangan Wajo, Muhammad Ashar, sebagai mediator poktan yang ingin mendapatkan bantuan alsintan di wilayah tersebut.

Penyaluran alsintan, seperti traktor roda empat, kepada Poktan diduga tidak gratis, sebab ada harga yang dipatok. Aksi tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Ashar. (man)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...