Masih Banyak Masjid di Sulsel Tetap Gelar Salat Berjemaah

Rabu, 15 April 2020 17:30

Salah satu masjid di Kabupaten Gowa yang masih menggelar salat berjamaah seperti biasa.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Virus corona masih menjadi pandemi. Kegiatan keagamaan dalam masjid pun terdampak akibat virus itu.

Pemerintah telah mengimbau ke semua masjid di Sulsel untuk meniadakan salat secara berjemaah. Namun masih banyak masjid yang menggelar salat berjemaah.

Seperti di salah satu Masjid di Jalan Sultan Hasanuddin, Kabupaten Gowa. Aktivitas salat wajib di sana tetap digelar. Namun, beberapa jemaah mengapresiasi imbauan dari pemerintah.

“Kalau ditiadakan salat berjemaah, tidak apa-apa. Tetapi kalau saya mendengar suara azan, tetap saya ke masjid untuk salat berjemaah,” kata seorang warga, Muslimin, Rabu (15/4/2020).

Penggunaan alat pelindung diri seperti masker, tetap digunakan oleh jemaah. Mereka merasa tidak terganggu, dengan masker yang ia kenakanan saat salat.

Berbeda dengan salah satu masjid di Jalan Ince Daeng Ngoyo, Kota Makassar. Di sana telah menerapkan imbauan pemerintah untuk meniadakan salat berjemaah. Termasuk salat Jumat.

Jemaah masjid tersebut hanya diperbolehkan salat fardu secara sendiri-sendiri. Semenjak menerapkan itu, pengurus masjid juga telah meniadakan pemakaian sejadah panjang dalam masjid tersebut.

Untuk para jemaah yang ingin salat, harus mencuci tangan dengan sabun, dan memakai hand sanitizer yang telah disediakan oleh pengurus masjid. Antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19.

Komentar