Nia Daniaty Mendadak Jadi Guru Dadakan

Rabu, 15 April 2020 13:57

Nia Daniati. FOTO: Jawa Pos/JPNN.com

FAJAR.CO.ID– Penyanyi senior Nia Daniaty menjadi guru dadakan selama masa pandemi virus korona atau Covid-19. Bukan mengajarkan siswa secara umum, dia hanya mengajarkan cucunya di rumah.

Nia Daniaty intens mengajari cucunya di rumah sejak pemerintah mengeluarkan imbauan work from home atau bekerja dari rumah untuk menekan penyebaran Covid-19, yang muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok. Banyak sekolah pun diliburkan dan proses belajar mengajar siswa dilakukan via online.

“Di rumah saya banyak ngajarin cucu. Minta diajarin perkalian, tambahan. Saya jadi gurunya sementara waktu ini di rumah. Karena sekolahnya online pakai zoom ya. Jadi kalau kosong atau ada tugas, bagian saya yang ngajarin,” ungkap Nia daniaty saat ditemui di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (14/4).

Mengalami sendiri betapa sulitnya mengajari anak kecil setelah mengajari sang cucu, Nia Daniaty jadi lebih menghagai profesi guru. Menurut mantan istri Farhat Abbas itu, seorang guru dituntut untuk memiliki stok kesabaran yang demikian besar menghadapi tingkah anak kecil.

“Jadi guru sebetulnya pekerjaan luar biasa karena memerlukan kesabaran. Kadang kita suka kurang sabar. Dampak positifnya kita jadi lebih dekat mengajarkan anak dan cucu,” paparnya.

Nia Daniaty bersyukur selama mengajari cucunya, tidak ada materi pelajaran yang tidak diketahuinya. Karena pelajaran cucu itu masih sangat dasar. “Enggak ada kesulitan khusus. Cucu saya masih kecil. Masih bisa diatasi,” ungkapnya. (jpc/fajar)

Komentar