Pasien Covid-19 hanya Bertahan Sehari di Rumah Sakit

Rabu, 15 April 2020 10:43

Ilustrasi penanganan pasien corona

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Perempuan berinisial J (52) dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 meninggal di Kabupaten Bulungan, Kaltara, Selasa (14/4).

“Kami tadi menerima laporan dari Dinas Kesehatan Bulungan bahwa ada satu orang PDP positif yang telah meninggal dunia, pasien tersebut nyonya J (52) dari Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Agust Suwandy dalam pernyataan yang disampaikan di Tarakan, Selasa.

Agust menjelaskan, pasien J tersebut masuk Rumah Sakit Daerah dr H. Soemarno Sosroatmodjo di Tanjung Selor, Bulungan pada Senin (13/4) 2020 dan langsung ditetapkan statusnya PDP dengan hasil radiologi terdapat pneumonia kemudian dilakukan rapid test dan hasilnya positif COVID-19.

Selain itu, pasien juga mempunyai penyakit penyerta diabetes melitus dan Sindroma Obstruksi Pasca Tuberkulosis (SOPT) yang menyebabkan kegagalan paru-paru.

“Jadi pasien dengan status PDP, untuk penanganan jenazah sampai pemulasaran dan pemakaman mengikuti protokol yang telah ditetapkan. Kami sampaikan kepada keluarga dan masyarakat sekitar agar bisa memaklumi kondisi ini dan memahami aturan – aturannya yang memang ditetapkan terkait penanganan jenazah COVID-19,” kata Agust.

Ia menambahkan hingga saat ini di Kaltara untuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 183 orang yakni ada di Tarakan 84 orang, Malinau ada 20 orang, Nunukan ada 34 orang, Kabupaten Tana Tidung ada 20 orang dan Bulungan ada 25 orang.

Komentar


VIDEO TERKINI