Penelitian! Virus Corona Bisa Bertahan di Sol Sepatu

Rabu, 15 April 2020 14:18

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Baru-baru ini sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centres for Disease Control and Prevention/CDC) menyebutkan, bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di sol sepatu dan beresiko dibawa serta menyebar di rumah sakit oleh petugas medis.

CDC mencatat, setengah dari sampel yang diambil dari sol sepatu petugas medis di Intensive Care Unit (ICU) sebuah rumah sakit di Wuhan, Tiongkok dinyatakan positif terpapar Covid-19. Penemuan itu menujukkan bahwa sol sepatu petugas kesehatan bisa berfungsi sebagai pembawa penyakit.

“Selain itu, ketika petugas medis berjalan di sekitar bangsal rumah sakit, virus dapat dilacak di seluruh lantai, seperti yang ditunjukkan oleh tingkat kepositifan 100% adanya virus Corona pada lantai di apotek. Padahal tempat itu tidak membawa pasien,” tulis para peneliti seperti dilansir Independent, Rabu (15/4).

Dalam penelitian, yang dilakukan pada 19 Februari hingga 2 Maret 2020 ini, para ilmuan juga menemukan bahwa virus didistribusikan secara luas di lantai, mouse komputer, tempat sampah dan pegangan sisi ranjang pasien di rumah sakit.

Bagikan berita ini:
7
4
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar