Puluhan Alat Mesin Pertanian di Wajo Lenyap Tanpa Jejak

Sejumlah Alsintan terparkir di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Wajo.

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2019 di Kabupaten Wajo kian berpolemik. Sebanyak 25 unit traktor roda empat tidak diketahui keberadaannya.

Berdasarkan data dihimpun di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Wajo, pada 2019 lalu, sebanyak 39 unit traktor roda empat disalurkan ke Wajo.

Itu terbagi, 14 unit diterima oleh Kelompok Tani (Poktan) dan 25 unit diterima Yayasir Laide. Tak lain merupakan Kepala Bidang Penyuluhan DPKP Wajo.

Terkait hal itu, Yayasir terkejut namanya ikut tercantum dalam Berita Acara Serah Terima Barang (BASTB) menerima traktor roda empat John Deere JD5045 MFWO pada tahun 2019 lalu.

“Saya tidak pernah menerima bantuan. Saya kan Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan Poktan, baru saya tahu kalau namaku ada di BASTB sebagai penerima,” akunya, kemarin.

Terkait penyaluran 25 Alsintan itu. Yasir, sapaannya, tidak bisa memberikan komentar. Sebab, hingga saat ini dirinya tak pernah lihat wujud alat pengelola lahan itu.

“Tidak tahu mau jawab apa. Coba kita tanyakan ke Pak Kadis (Muhammad Ashar, red),” jawabnya.

Sementara, Kepala DPKP Wajo, Muhammad Ashar, yang dikonfirmasi terkait keberadaan Alsintan tersebut, enggan memberikan tanggapan. Bahkan pesan yang dilayangkan tidak dibalas.

Menyikapi hal itu, Anggota Komisi II DPRD Wajo, Herman Arif, menuturkan, puluhan Alsintan dari pemerintah pusat yang diduga lenyap tersebut perlu diketahui keberadaannya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar