Angkatan Laut Iran Dituding Provokasi Militer AS saat Latihan di Teluk

Kamis, 16 April 2020 10:35

Ilustrasi-- angkatan laut iran saat melakukan operasi

FAJAR.CO.ID, NEW YORK– Sebelas kapal Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam Iran mendekati kapal Angkatan Laut Amerika Serikat dan Penjaga Pantai di Teluk. Militer AS pada Rabu, (15/4/2020) menyebut aksi itu sebagai gerakan berbahaya dan provokatif.

Diketahui, insiden seperti ini terjadi sesekali beberapa tahun yang lalu, sebagian besar berhenti dalam beberapa bulan dan tahun terakhir. Insiden terbaru ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Menurut pernyataan itu, kapal-kapal Iran mendekati enam kapal militer AS ketika mereka sedang melakukan operasi integrasi dengan helikopter Angkatan Darat di perairan internasional.

Pada satu titik, kapal Iran bahkan mendekati kapal militer AS dengan jarak 10 meter dari Coast Guard AS, Maui.

Kapal-kapal AS mengeluarkan beberapa peringatan melalui radio jembatan-ke-jembatan, ledakan dari klakson kapal, dan perangkat pembuat kebisingan akustik jarak jauh.

Kapal-kapal Iran itu baru pergi setelah sekitar satu jam, pernyataan itu menambahkan.

“Tindakan berbahaya dan provokatif IRGCN meningkatkan risiko salah perhitungan dan tabrakan, dan tidak sesuai dengan konvensi yang diakui secara internasional tentang Peraturan Internasional untuk Mencegah Tabrakan di Laut,” kata pernyataan militer AS itu dilansir aljazeera, Kamis, (16/4/2020).

Ketegangan antara AS dan Iran telah meningkat sejak Presiden Donald Trump menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran pada 2018, dan menerapkan kembali sanksi bertubi-tubi.

Komentar


VIDEO TERKINI