Ini Motif Teroris MIT Tembaki Briptu Ilham Suhauar di Poso

Kamis, 16 April 2020 16:04

STERILKAN LOKASI: Aparat TNI dan Polri mengamankan lokasi penangkapan dua teroris di Poso, Sulawesi Tenggara, kemarin (1...

FAJAR.CO.ID, POSO– Kala rakyat Indonesia sedang bertempur melawan virus korona, kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) justru berulah. Dua anggota MIT kemarin menyerang seorang anggota kepolisian bernama Briptu Ilham Suhayar di depan Bank Mandiri Syariah, Poso.

Berdasar rekaman video yang didapat Jawa Pos, kejadian itu bermula saat Briptu Ilham tiba di Bank Mandiri Syariah dengan menggunakan sepeda motor. Dia memang bertugas menjaga bank tersebut. Saat dia memarkir sepeda motor, tiba-tiba muncul dua orang berboncengan motor. Mereka langsung masuk ke area parkir bank.

Satu orang yang di boncengan turun. Dia lalu mendekati Briptu Ilham dari belakang. Dalam jarak hanya sekitar 1 meter, dia menembak punggung Briptu Ilham. Namun, Briptu Ilham tidak roboh. Dia berbalik, lalu berusaha menepis senjata api itu. Melihat korban masih melawan, penjahat yang mengendarai motor ikut mengeroyok.

Walau terluka tembak, Briptu Ilham berusaha keras melawan keduanya. Dua penjahat itu terlihat berusaha merampas senjata laras panjang yang ditenteng Briptu Ilham. Aksi saling pukul terjadi. Namun, dua teroris itu, rupanya, keder juga melihat Briptu Ilham terus melawan meski kondisinya makin lemah. Dua teroris tersebut akhirnya kabur naik motor.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Argo Yuwono membenarkan adanya video yang beredar di media sosial itu. Dia menuturkan, memang terjadi penyerangan terhadap anggota kepolisian di depan Bank Mandiri Syariah, Poso. ’’Pelaku penembakan itu dua orang yang tidak dikenal,’’ ujarnya. Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 09.00. Briptu Ilham mengalami luka tembak di punggung dan tembus ke tulang rusuk. ’’Mereka lantas kabur berboncengan sepeda motor matik,’’ paparnya.

Komentar