PSBB Efektif Bila Masyarakat Patuh, Dewan Minta Aparat Tegas

Kamis, 16 April 2020 15:31

Macet di batas Kota Makassar. (Nurhadi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Penetapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Makassar dari pemerintah pusat, mendapat respons positif. Meski begitu, peran masyarakat sangat menentukan dalam hal ini

Sekretaris PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni (RPG) mengatakan PSBB akan sia-sia jika masyarakat tidak patuh. Anggaran mencapai ratusan miliar hanya terbuang percuma, bersama pengorbanan para tenaga medis dan relawan yang lain.

“Mahal harga pengorbanan ini. Saya berharap aparat negara dan pemerintah bisa tegas dalam pelaksanaan ini,” kata RPG, Kamis (16/4/2020).

Dia berharap hari pertama yang keluar rumah tinggal 50 persen dengan alasan belum mengetahui kebijakan tersebut. Selanjutnya mencapai 80-90 persen warga patuh pada penerapan PSBB ini.

” Yang ada di luar hanya petugas dan warga yang pergi membeli kebutuhan sembako dan makan minum. Sebaiknya jalan-jalan protokol ditutup kecuali jalur distribusi bahan pokok dan kebutuhan vital,” beber Rudy.

Meski begitu, pemerintah harus hadir pada saat ini. Wali kota, OPD bersama camat dan lurah beserta ketua RW dan RT menjadi saluran harapan masyarakat pada saat Covid-19 ini.

” Semua hal yang disiapkan pemerintah harus sampai kepada yang terdampak,” kata legislator Sulsel ini.

Hal sama disampailan anggota DPRD Sulsel lainnya, Ansyari Mangkona. Karenanya dia meminta masyarakat menaati imbauan pemerinta untuk tetap di rumah. Bila masyarakat disiplin, maka pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Sehingga kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Komentar


VIDEO TERKINI