Situasi Tak Menentu Karena Covid-19, ini Tips Atur Keuangan Bagi Karyawan

Kamis, 16 April 2020 14:09

Ilustrasi Uang

FAJAR.CO.ID – Dampak penyebaran virus korona Covid-19 membuat sebagian perusahaan menerapkan kebijakan WFH (work from home/bekerja dari rumah). Bagi karyawan, dengan WFH tentunya ini memberikan suka duka tersendiri.

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia memandang, sebetulnya, WFH juga membawa keuntungan dalam bentuk penghematan biaya transportasi dan waktu yang biasanya dihabiskan saat perjalanan ke kantor.

Kelebihan waktu dan dana transportasi harus dikelola dengan baik, agar tidak karena iseng, Anda menghabiskan waktu dan uang untuk belanja online, misalnya membeli barang-barang yang bukan kebutuhan utama.

Investment Specialist Dimas Ardhinugraha menyampaikan, harus mulai dipikirkan jika seandainya efek pandemi ini berkepanjangan. Sehingga akan terjadi hal yang mengganggu keuangan keluarga. Ia pun berbagi tips bagaimana mengelola penghasilan yang didapat saat ini, ketika Covid-19 masih mewabah.

1. Bantu orang lain yang membutuhkan

Bagi yang saat ini masih menerima penghasilan utuh, ulurkan tangan Anda untuk membantu saudara kita yang kehilangan pekerjaan atau penghasilan, maupun untuk tenaga medis yang berhadapan langsung dengan penanganan Covid-19. Donasikan sebagian rezeki untuk membantu mereka. Berapa pun donasi Anda, akan sangat berarti bagi saudara kita dan keluarganya.

2. Siapkan dana darurat

Tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Bagi karyawan yang saat ini masih memiliki pekerjaan dan menerima gaji secara utuh, manfaatkan rezeki ini dengan sebaik-baiknya.

Komentar