Terobosan Baru! Disinfektan Terbuat dari Kayu Bakar

Kamis, 16 April 2020 19:54

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Cairan disinfektan ramai diproduksi. Kini ada terobosan terbaru, dalam pembuatan cairan pembasmi virus corona tersebut.

Manggala Agni Daops Gowa tak hanya fokus pada penanganan bencana seperti kebakaran hutan. Pihaknya juga memproduksi disinfektan yang berasal dari cukai kayu.

Alat yang dipakai dalam pembuatannya pun tidak begitu rumit. Hanya berupa drum, pipa besi, dan kayu bakar dan dipandu oleh Kepala Manggala Agni Daops Gowa, Ishak Andi Kunna.

Dia menjelaskan, kayu bakar dalam drum wadah hasil sulingan sebagai greed tiga, kemudian diendapkan selama 24 jam untuk menghasilkan greed dua.

Hasil uap sulingan yang telah diendapkan itu dipanaskan kembali ke dalam tabung pyrolisator untuk mendapat hasil terbaik atau greed satu.

“Kami inisiatif membuat sendiri larutan cuka kayu untuk dijadikan cairan disinfektan lalu disemprot ke semua benda-benda yang ada dalam lingkungan kesatriaan Manggala Agni Daops Gowa,” kata Ishak, Kamis (16/4/2020).

Sekali pembakaran dalam satu drum itu dapat menghasilkan hingga 20 liter cuka kayu, dengan waktu sekitar sehari sudah dapat digunakan sebagai cairan disinfektan

Ishak mengakui, dari pembuatan disinfektan itu tidak menghasilkan sampah. Limbah itu kembali diolah.

“Arangnya akan kembali diolah menjadi briket dan abu sisa pembakaran, dijadikan alat pembersihan dapur di Manggala Agni Daops Gowa,” tutup dia. (Ishak/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI