Bentuk Tubuh Tetap Ideal Selama di Rumah, Ikuti Saran Ini

Jumat, 17 April 2020 14:52

WORKOUT: Beberapa gerakan olahraga yang dilakukan oleh Vivian Junita untuk menjaga kebugaran dan bentuk tubuh. (ISTIMEWA...

FAJAR.CO.ID– Berdiam diri di rumah dengan sedikit kegiatan, tidak jarang membuat seseorang malah doyan makan atau ngemil. Alhasil, angka timbangan pun terus mengarah ke kanan.

Jika sudah begini, banyak yang melakukan diet supaya bentuk tubuh tetap ideal. Sayangnya, masih ada yang melakukan diet secara ketat. Padahal, diet yang salah malah berdampak buruk terhadap kesehatan.

Influencer Healthy Life Vivian Junita mengatakan, seharusnya diet dilakukan dengan tetap menyesuaikan gaya hidup sehari-hari. Menurutnya, diet bukan mengurangi porsi makan secara drastis atau malah tidak mengonsumsi karbo sama sekali.

Tidak makan karbo, malah akan membuat tubuh kehilangan energi. Apalagi dengan kesibukan yang berbeda, tentu memerlukan asupan yang berbeda. “Untuk yang bekerja di rumah atau dalam ruangan, konsumsi karbo tetap harus dijaga,” katanya.

Dikatakan Vivian, karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh harus diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya, mulai dari protein, serat (fiber), hingga lemak (fat). Komposisi masing-masing makanan bisa ditakar seperti sayur-sayuran berserat sebesar 50 persen, ditambah karbohidrat sebesar 10 persen.

Sisanya ditambah protein seperti daging. Disempurnakan lagi dengan fat. Selama diet, porsi makananya harus tetap empat sehat lima sempurna agar gizi yang diserap tubuh tetap seimbang. “Meskipun kerjanya di depan layar, polanya makan tetap harus dijaga,” katanya.

Berbeda lagi dengan porsi orang yang cenderung melakukan aktivitas di luar ruangan dan banyak beraktivitas yang memerlukan tenaga fisik. “Patokannya yakni kalori yang masuk dan keluar. Kalau aktif berkegiatan di luar ruangan seperti kerja di lapangan, energi yang dibutuhkan harus lebih banyak,” ujarnya.

Komentar