Ganjar Pranowo: Sedihnya, Mereka Tertular dari Pasien Tidak Jujur

Jumat, 17 April 2020 13:46

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu (Dery Ridwanysah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Puluhan tenaga medis RSUP Dr Kariadi Semarang, Jateng ternyata terjangkiti covid-19 dari pasien yang tidak jujur saat pemeriksaan.

Pasien yang datang berobat tersebut tidak mengatakan baru saja bepergian dari daerah-daerah zona merah.

Hal itu disesalkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sebab akibat ketidakjujuran itu, puluhan dokter, perawat, dan tenaga medis di RSUP Dr Kariadi Semarang menjadi tertular dan dinyatakan positif.

“Kejadian di Kariadi itu sesuatu yang luar biasa. Ini pembelajaran bagi kita bahwa seorang dokter, perawat dan tenaga medis lainnya sangat rentan. Sedihnya lagi, mereka terkena virus Covid-19 dari pasien yang tidak jujur,” kata Ganjar saat menerima bantuan alat-alat kesehatan di Wisma Perdamaian pada Jumat (17/4).

Ganjar menyesalkan ketidakjujuran pasien saat berobat itu. Sebab akibat ketidakjujuran itu, membawa petaka bagi siapapun, termasuk para dokter, perawat dan tenaga kesehatan.

“Kalau di jantung dan benteng pertahanan terakhir bisa tertular, ini sesuatu yang sangat serius. Untuk itu kami minta seluruh rumah sakit untuk memperketat protokol kesehatan di tempat masing-masing demi melindungi para tenaga medis kita,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Dokter Tirta, dokter yang kini menjadi relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dokter yang cukup dikenal warganet itu meminta seluruh masyarakat untuk jujur di tengah pandemi Covid-19.

Bagikan berita ini:
5
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar