Ini yang Dilakukan Lapas Agar Napi Tetap Sehat

Jumat, 17 April 2020 18:11

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Berbagai cara dilakukan Lapas dan Rutan di Sulawesi Barat agar wargabinaannya tetap sehat selama pandemi Covid-19. Kalapas Polewali Abd Waris mengatakan sejak pertengahan maret wargabinaan rutin diperika suhu tubuhnya dengan thermometer infrared,

Juga diberikan multi vitamin dan kerjasama PMI menyemprot kamar hunian dengan disinfektan dan mensosialisasikan pola hidup sehat termasuk berjemur dipagi hari, penggunaan masker dan cuci tangan dengan sabun serta meniadakan kunjungan langsung. “Kunjungan dan sidang dilakukan secara daring, ” kata Waris, Jumat, 17 April 2020.

Hal sama diakui Kalapas Perempuan Mamuju, Nurmia. Para WBP sudah diberi penyuluhan tantang Covid-19 oleh Puskesmas Tampapadang, dengan menjemur matras tempat tidur, juga sempat senam pagi sambil berjemur dengan jarak 1,5 meter.

“Ini masih memungkinkan karena jumlah WBP hanya 38 dari daya tampung untuk 120 orang,“ kata Nurmia.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Sulbar Elly Yuzar mengatakan, bahwa apa yang dilakukan di Lapas Polewali dan Lapas Perempuan dilakukan juga oleh lapas/rutan lainnya. Karena itu perintah Ditjen Pemasyarakatan, pihaknya setiap hari memantau kondisi warga binaan dan petugas agar tetap sehat, menu makanan selalu dilaporkan tiap hari, demikian juga dengan suhu tubuh WBP dan petugas.

“Alhamdulillah hingga saat ini WBP dan petugas lapas/rutan kita di Sulbar sehat semua,“ kata Yuzar. Kakanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto, mengatakan bahwa petugas lapas dan rutan ini tetap masuk kerja tiap hari. Sementara PNS yang lain banyak bekerja dari rumah. Untuk itu setiap hari pihaknya menghubungi kalapas / karutan sebagai bentuk dukungan agar petugas di lapangan bersemangat.

Komentar


VIDEO TERKINI