Kisah Haman Sang Menteri Segala Urusan Zaman Firaun, yang Disingguh Amien Rais

Jumat, 17 April 2020 13:15

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Politisi Amien Rais menyinggung soal salah seorang menteri di zaman Firaun, yang bernama Haman. Amien Rais mengatakan bahwa Haman adalah aktor utama atas kezaliman Firaun. Atas kesombongan Firaun yang enggan mengikuti seruan Nabi Musa.

“Menteri Haman adalah man behind the gun dibalik kezhaliman Firaun. Di bawah pengaruh istrinya yang saleha, Firaun mulai luluh dengan seruan Nabi Musa. Namun atas propaganda Haman, Firaun menjadi beringas, negeri mesir menjadi bobrok dengan kebijakan otoriter Fir’aun. Haman adalah aktor penting di balik Fir’aun.” Tulis Amien Rais di akun twitternya.

Lantas bagaimana ringkasan cerita Haman ini? Kisah Haman sejatinya telah diceritakan dalam Alquran oleh Allah ta’ala. Setidaknya Haman disebutkan sebanyak 5 kali. Diantaranya Quran surat Al Qashasah ayat 6 dan 38. Al Mukmin ayat 36 dan 37 dan Al Ankabut ayat 38. Sementara Firaun namanya disebutkan sebanyak 38 kali.

Dikutip dari Voa Islam, yang ditulis oleh ustad Ust. Dr. Miftah el-Banjary, MA, mengatakan, pada tahun 1882, seorang arkeolog Prancis, Morris dalam penelitiannya dibuat tercengang sekaligus takjub dengan kebenaran informasi al-Qur’an, ternyata nama Haman ditemukan dan disebutkan dalam tulisan Heliograf kuno sebagai seorang kepala urusan istana yang menangani semua urusan Fir’aun.

Informasi itu tidak pernah dia dapatkan pada kitab taurat, zabur dan injil. Informasi di dalam al-Qur’an sedemikian akuratnya, hingga disebutkan begitu jelasnya nama dan peran Haman di dalam al-Qur’an. Jelas dia akhirnya mengakui bahwa hal itu menunjukkan kemukjizatan al-Qur’an.

Komentar


VIDEO TERKINI