Pahlawan di Tengah Virus Corona, Pria 99 Tahun Kumpul Rp270 Miliar

Jumat, 17 April 2020 11:54

Tom Moore yang akan berusia 100 tahun di akhir April/PA

FAJAR.CO.ID, YORKSHIRE—Kapten Tom Moore, veteran berusia 99 tahun menyita perhatian publik di tengah merebaknya virus corona yang sudah menelan begitu banyak korban jiwa di seluruh dunia. Itu setelah ia mengumpulkan donasi £ 14.000.000 atau sekitar Rp270 miliar.

Veteran yang bertugas dalam Perang Dunia Kedua itu mulai mengumpulkan uang untuk NHS (sistem perawatan kesehatan yang didanai publik dari Inggris) awal pekan lalu. Rencana awalnya, ia hanya akan mengumpulkan 1000 poundsterling selama krisis coronavirus.

Namun, tidak disangka, kakek empat cucu dari Yorkshire itu mendapat sambutan luar biasa. Aksinya berjanji berjalan 100 putaran di kebunnya sebelum mencapai usia 100 tahun pada akhir bulan membuat orang tertarik ikut menyumbang.

Hari ini, ia sudah berhasil mengumpulkan £ 14 juta yang luar biasa. Itu bahkan menjadi penggalangan dana terbesar dalam sejarah JustGiving. “Kisah Tom adalah kisah yang penuh liku-liku dan momen monumental dalam sejarah Inggris kami,” ucap keluarganya dikutip dari Metro.co.uk.

Dalam banyak hal, Kapten Tom sama seperti kita semua. Dia suka menonton olahraga, BBC Breakfast, dan penggemar reality TV. Namun dengan ulang tahunnya yang ke-100 tepat di ujung jalan, wajar untuk mengatakan ia memiliki pengalaman hidup yang lebih daripada kebanyakan orang.

Kapten Tom Moore lahir pada 30 April 1920. Orang tua dan keluarganya berasal dari di Keighley, Yorkshire, tempat ia menghabiskan sebagian besar hidupnya. Dia bersekolah di Keighley Grammar School dan kemudian melanjutkan untuk magang sebagai Insinyur Sipil.

Pada tahun 1940, dalam usianya yang baru 20 tahun, pendidikannya terhenti karena dia mengikuti wajib militer untuk berperang dalam Perang Dunia Kedua. Berbicara setelah dia menyelesaikan tantangannya Kamis waktu setempat, veteran itu memberikan nasihat bagi bangsa Inggris tentang cara mengatasi lockdown coronavirus.

“Anda semua harus ingat bahwa pada akhirnya kita akan melaluinya, semuanya akan membaik. Bagi semua orang yang merasa kesulitan saat ini, matahari akan menyinarimu lagi dan awan akan pergi,” katanya.

Kepada staf medis dan pekerja kunci lainnya, Tom memberikan pujiannya. Menurutnya, mereka semua sudah menempatkan diri dalam bahaya. “Dan Anda melakukan itu untuk kebaikan orang-orang di sini. Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa, luar biasa,” ujarnya.

Kapten Tom telah berjanji bahwa aksi penggalangan dana ini akan terus ia lanjutkan. Ia juga menegaskan akan terus berjalan di tamannya sampai sumbangan berhenti. (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI