Penerapan PSBB, Pakar Kesehatan Masyarakat: Ekonomi Urusan Belakangan

Jumat, 17 April 2020 18:59

Prof Hasbullah Thabrany.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penerapan PSBB di Kota Makassar yang rencananya akan diterapkan setelah melakukan sosialisasi dan uji coba mendapat dukungan dari banyak pihak. Termasuk Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof Hasbullah Thabrany.

Menurutnya, laju penyebaran covid-19 dapat ditekan dengan menerapkan PSBB. Asal, kata dia, kedispilinan warga dan aparat penegak hukum harus tegas.

“Harusnya bisa, jika Pemerintah Daerah menegakkan aturan dengan ketat dan masyarakat patuh,” ucapnya, kepada fajar.co.id, Jumat (17/4/2020).

Prof Hasbullah Thabrany mengungkapkan, PSBB sudah menjadi kebijakan yang tepat untuk daerah yang episentrum penyebaran covid-19 cukup besar. Meskipun, kata dia, beberapa faktor mengalami penurunan termasuk perekonomian.

“Ekonomi belakangan. Ekonomi bisa dikejar, tetapi nyawa gak bisa dibalikkan,” terangnya.

Lelaki yang pernah menuntut ilmu di FKMUI tersebut menekankan Pemerintah Daerah bisa menunda perekonomian tapi tidak dengan nyawa manusia.

“Jadi Pemda jangan lebih berat mikir ekonomi. Playing 2-3 bulan tertunda. Kalau nyawa sudah melayang karena covid, gak ada yang bisa ganti,” tutupnya. (anti/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI