PSBB Dijalankan, Penjualan BBM Pertamina Menurun Drastis

Jumat, 17 April 2020 10:16

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Di tengah pandemi corona atau Covid-19 sejalan dengan pemberlakukan social distancing atau jaga jarak aman, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), berdampak pada penurunan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang cukup dalam.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebutkan, berdasarkan data yang diperolehanya,secara nasional terjadi penurunan penjualan BBM yang mencapai 34,9 persen pada per Kamis (16/4/2020).

Ia merinci, penurunan penjualan tersebut rata-rata penjualan pada Januari dan Februari. Penurunan terbesar terjadi di DKI Jakarta yang mencapai 59 persen.

Sementara penurunan kedua terbesar, ialah ada di Bandung sebesar 57 persen, dan Makassar 53 persen. Adapun penurunan terjadi di daerah lain rata-rata di atas 45 persen.

“Penghitungan penurunan permintaan BBM berdasarkan sejak pemerintah mengumumkan dan memutuskan Work From Home (WFH) di sebagai daerah. Juga adanya PSBB di DKI Jakarta dan di beberapa daerah lainnya, menyebabkan permintaan menjadi semakin tertekan,” ujar dia, kemarin (16/4/2020).

Ia menambahkan, penurunan penjualan juga terjadi pada penjualan Avtur. Penurunan penjualan avtur ini bahkan sampai 60 persen. Hal ini disebabkan karena penerbangan terhenti akibat wabah corona. Kondisi ini menyebabkan kinerja keuangan Pertamina pun ikut terdampak.

Di sisi lain, di tengah penurunan permintaan BBM, pertamina juga mendapatkan dua pukulan dari sentimen global. Pertama, pelemahan harga minyak mentah global yang terjadi akibat kenaikan pasokan.

Komentar


VIDEO TERKINI