PSBB Makassar Bertepatan Ramadan, Legislator: Masjid di Zona Hijau Jangan Ditutup!

Jumat, 17 April 2020 20:41

FOTO: ENDRA/FAJAR

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kota Makassar akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat, 24 April 2020, mendatang. Tujuan PSBB untuk membatasi kegiatan tertentu dan pergerakan orang dan atau barang dalam rangka menekan penyebaran covid-19.

Seperti layaknya di wilayah lain yang telah terlebih dahulu menerapkan PSBB, salah satu yang dibatasi aturan ini adalah kegiatan keagamaan. Semua tempat ibadah ditutup. Kegiatan keagamaan dilakukan di rumah masing-masing.

Terkait pembatasan kegiatan keagamaan ini, Anggota DPRD Kota Makassar, Kasrudi, berpendapat lain. Menurutnya, penerapan PSBB di Makassar bertepatan awal Ramadan 1441 Hijriah di mana seluruh umat Islam akan berpuasa dan melaksanakan salat tarawih.

Kasrudi meminta Pemerintah Kota menimbang kembali terkait penutupan total rumah ibadah untuk umat Islam. Menurutnya, wilayah di Makassar tidak semuanya masuk kategori zona merah. Terdapat juga beberapa titik yang penyebaran virusnya tidak terbilang gawat.

Oleh karenanya, ia meminta tidak semua masjid ditutup karena sebagian masyarakat juga ingin menjalankan salat berjemaah tarawih di masjid.

“PSBB itu bertepatan dengan bulan suci ramadan, saya berharap Pemerintah Kota memikirkan itu karena di dalam bulan Ramadan ada salah satu ibadah penting, yaitu salat tarawih,” kata Kasrudi di Kantor DPRD Kota Makassar, Jumat (17/4/2020).

“Kalau zona merah itu ditutup saja, kita juga sebagai umat Islam bisa menjalankan ibadah tarawih. Jadi jangan ditutup semua, pasti sebagian masyarakat kita jadi kebingungan mau tarawih di mana,” lanjutnya.

Bagikan berita ini:
8
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar