Raih 32 Gelar Bersama Messi, Iniesta: Tidak Ada Lagi Generasi Emas Barcelona

Jumat, 17 April 2020 20:14

Andres Iniesta/AP Photo/Daniel Tejedor

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Legenda Barcelona dan timnas Spanyol, Andres Iniesta meyakini bahwa tidak akan ada lagi generasi emas eks klubnya. Menurutnya, mengumpulkan pemain hebat selama bertahun-tahun yang lahir dari akademi tidak mungkin bisa dilakukan Barca di masa depan.

Iniesta berada dalam generasi hebat Barca bersama Xavi Hernandez, Carles Puyol, Victor Valdes, Lionel Messi, Gerard Pique, hingga Sergio Busquets. Selama di Barca, Iniesta dan rekan-rekannya dari La Masia meraih 32 gelar.

Dari 32 gelar itu, sembilan di antaranya adalah trofi La Liga. Sementara selebihnya adalah empat gelar Liga Champions, enam Copa del Rey, tujuh Piala Super Spanyol, tiga Piala Dunia Antar-klub, dan tiga Piala Super Spanyol.

“Generasi itu tidak akan pernah diulang. Ini tidak akan pernah sama tetapi tidak harus lebih buruk. Ada segala macam era dalam sejarah klub: para pemain muda terbiasa mendapat peluang di tim utama ketika hasilnya buruk dan mereka harus beralih ke tim yunior. Itu terjadi di era saya,” kata Iniesta kepada The Guardian.

Menurutnya, ada periode ketika tim memiliki 10, 11, 12 pemain dari tim yunior dalam skuad tim utama. “Itu tergantung pada siapa pelatihnya, situasi klub. Sulit untuk hal seperti itu terjadi. Ini sangat sulit. Kami berbicara tentang Barcelona, ​​klub dengan pemain terbaik,” jelasnya.

“Víctor, Puyol, Xavi, saya: kami muncul dalam skenario untuk Busi, Pique, dan Leo. Kami adalah orang-orang yang telah berada di klub sepanjang hidup kami dan kami memiliki nilai ‘plus’ yang tidak dimiliki orang lain,” kuncinya. (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI