Riset SMRC, Tingkat Kesadaran PSBB Warga Sulsel Paling Rendah

Jumat, 17 April 2020 14:28

Macet di batas Kota Makassar. (Nurhadi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Berdasarkan data terbaru survei nasional Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) tentang wabah Covid-19 yang dirilis pada 17 April 2020 tercatat Sulawesi Selatan memilik tingkat paling terendah terhadap kesadaran pada penerapan PSBB.

“Secara nasional tingkat kesadaran masyarakat 76% sementara yang paling tinggi diduduki oleh DKI Jakarta 89% disusul Jawa Barat dan Banten 88% kemudian Jawa Tengah 87% dan Sulawesi Selatan tercatat paling rendah tingkat awareness PSBB 56%,” tulis SMRC dilaman resminya.

Sementara untuk tingkat kepercayaan masyarakat bahwa dengan penerapan PSBB mampu mencegah laju penyebaran covid 19 merata di beberapa wilayah seperti Jawa Barat dan Sulawesi Selatan 86% Jawa Timur dan Jawa Tengah 88% Banten 89% dan tingkat nasional 88%.

Selain itu beberapa daerah telah menetapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar kebijakan PSBB termasuk Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar. Namun dari informan SMRC ada yang setuju dengan pemberlakukan sanksi sebesar 39,0% ada juga yang tidak setuju sebesar 31,2%.

“Berdasarkan tingkat wilayah, dukungan tertinggi penerapan sanksi bagi yang melanggar PSBB ada di Banten dan Jawa Timur sebesar 45% disusul DKI Jakarta 40% kemudian Sulsel 37% dan paling rendah tingkat dukungan pemberlakukan sanksi ada di daerah Jawa Barar 29%,” tulisnya dalam rilis (17/4/2020).

Berbeda dengan tingkat kesadaran masyarakat Sulawesi Selatan yang rendah dengan penerapan PSBB, justru berbanding terbalik dengan tingkat kepercayaan covid 19 terhadap ancaman nyawa.

Komentar


VIDEO TERKINI