Usaha Laundry Sepi Pelanggan, Pengusaha Ini Banting Setir Produksi APD

Jumat, 17 April 2020 09:39

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wabah Covid-19 yang terjadi saat ini membuat pelaku usaha terkena dampaknya. Tak sedikit perusahaan yang merumahkan karyawannya, bahkan ada karyawan kena Putus Hubungan Kerja (PHK).

Kendati demikian, Haidir, salah satu pengusaha laundry memilih banting setir ketimbang melakukan PHK kepada karyawannya. Ia kini memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk paramedis.

“Awalnya ini karena omzet usaha menurun drastis tetapi kita berat melakukan PHK. Makanya kita banting setir memproduksi sesuatu yang bisa menghasilkan duit yang memang dibutuhkan masyarakat di masa pandemi ini,” kata Haidir, Jumat (17/4/2020).

Haidir menuturkan, semua karyawannya bukan orang biasa di bengkel. “Semua sales saya 8 orang, yang karena penjualan turun, dari pada keliling atau kita PHK mending produksi saja seperti ini,” jelasnya.

“Kami memproduksi disinfektan chamber, kita lihat tenaga media kekurangan APD, akhirnya kita produksi lagi APD bersama kawan-kawan Asosiasi Laundry Indonesia, kita bikin baju Hazmat, dan Face Shield,” ujar Haidir.

Yang terbaru, ia mengaku memproduksi alat cuci tangan yang akan didonasikan nantinya. Menariknya, alat tersebut tidak menggunakan sentuhan tangan.

“Selain itu, kita juga buat penyemprotan gratis tim dan peralatan lengkap kalau ada rumah ibadah yang ingin disemprot kita bisa koordinasi untuk dilakukan penyemprotan,” katanya melanjutkan.

Komentar


VIDEO TERKINI