Bakat Mubazir Dembele

Sabtu, 18 April 2020 17:02

Ousmane Dembele/Alex Caparros/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona bermimpi menjadikan Ousmane Dembele bintang besar ketika berhasil membajaknya dari Borussia Dortmund. Sayang, bakat bintang winger Prancis itu terkesan mubazir.

PENAMPILAN hebat Dembele di Borussia Dortmund membuat Raksasa Catalan memboyongnya ke Camp Nou sebagai pengganti Neymar. Kecepatan dan kualitas setara kedua kakinya meyakinkan Barca bahwa mereka tidak akan menangisi kepergian mendadak Neymar ke PSG.

Tapi, pemain berjuluk Si Nyamuk itu ternyata tidak pernah benar-benar  punya waktu untuk memamerkan kelihaiannya mencetak gol ataupun memberi assist. Alih-alih, pemain kelahiran 15 Mei 1997 itu lebih banyak diberitakan media karena kebiasaan buruk dan cederanya.

Ia memang tak suka hura-hura. Bahkan, tak sekalipun ia mengunjungi Training Pedralbes, sebuah klab seks yang hanya beberapa meter dari rumah di Kota Barcelona. Sebagai seorang remaja, ia lebih suka membeli makanan cepat saji dan menghabiskan waktu bermain playstation bersama teman-temannya.

Namun, kebiasaan itu ternyata lebih menghancurkan kariernya. Gegara keseringan begadang hingga dinihari, ia menjadi sosok indisipliner. Pada akhirnya, ia harus berurusan dengan serangkaian cedera aneh yang membuatnya lebih banyak di ruang perawatan.

Sejak kedatangannya di Camp Nou pada Agustus 2017 hingga sekarang ini, menurut data Transfermarkt, ia mengalami sembilan cedera. Mulai dari masalah otot, pergelangan kaki, hingga hamstring.

Khusus untuk delapan cedera pertamanya di Barca, ia menghabiskan waktu 322 hari di ruang perawatan. Dan cedera terakhirnya 4 Februari lalu yang membuatnya diterbangkan ke Finlandia untuk menjalani operasi, diprediksi memaksanya menepi selama 182 hari.

Jika prediksi pemulihannya tepat, berarti Dembele menghabiskan 504 hari dalam tiga tahun kontraknya di Barca hanya untuk urusan cedera. Tidak mengherankan, julukan Si Kaki Kaca—terlalu rawan cedera—yang pernah disematkan pada Arjen Robben kini menjadi miliknya.

Untuk musim ini, pemain yang juga dijuluki sebagai Si Bocah Nakal itu baru memainkan sembilan pertandingan. Dari jumlah itu, ia hanya menjadi starter pada lima pertandingan dengan kontribusi terbaiknya hanya berupa sebiji gol.

Legenda Barcelona, Rivaldo menyebut, Dembele yang menandatangani kontrak senilai 142 juta poundsterling adalah pemain yang sangat sial. “Dia tidak beruntung dengan cedera, tetapi dia mungkin juga mencoba memberi lebih banyak,” kata Rivaldo di Betfair.

Meski begitu, legenda Brasil itu menegaskan bahwa waktu Dembele di Camp Nou mestinya sudah habis. Menurut pemenang Piala Dunia 2002 itu, musim panas mendatang adalah waktu yang tepat bagi Raksasa Catalan untuk menjualnya ke klub lain.

“Ousmane Dembele menandatangani kontrak dengan Barcelona hampir tiga tahun lalu dan dia sudah memiliki cukup waktu untuk membuktikan dirinya di klub dan membuktikan nilainya. Mungkin saja dia tidak akan pernah menunjukkan kualitasnya di klub,” tegasnya.

“Dia masih pemain dengan potensi besar, tetapi saya pikir musim panas ini bisa menjadi peluang yang tepat bagi Barcelona untuk menjual atau bahkan menukarnya dengan pemain yang sudah mereka kejar,” lanjutnya.

Rivaldo mengatakan, Dembele tidak berjodoh dengan Barca. Jadi keputusan untuk menjualnya musim panas mendatang boleh jadi akan menjadi berkah untuknya. Mungkin ia akan kembali menunjukkan sihirnya di klub lain.

“Segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan dan dia mungkin bisa menghidupkan kembali kariernya di klub lain di mana dia akan merasa lebih percaya diri untuk bermain sebaik mungkin,” jelas Rivaldo dikutip dari Express.

Jika merujuk komentar Pelatih Barcelona, Quique Setien beberapa waktu lalu, Dembele sepertinya akan tetap diberi kesempatan. Menurut Setien, ia terkesan dengan etos kerja dan determinasinya. Ia bahkan sampai menagis melihat bagaimana sang pemain ingin pulih.

“Seperti kebanyakan pemain, ia memiliki hal-hal yang bisa ditingkatkan. Anda harus ingat bahwa ia sama seperti yang lain masih berusia sangat muda. Dedikasi mereka, dari apa yang saya lihat, total dan absolut. Saya menangis ketika melihat kapasitas dan intensitasnya saat berlatih,” kata Setien kepada Sport.

Setien pun percaya bahwa dengan kualitas Dembele, ia bisa bersinar setelah kembali dari cederanya. “Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dan kami selalu berpikir positif. Jelas bahwa pemulihannya akan bermanfaat,” tandasnya.

Sejumlah laporan sebelumnya menyebut bahwa Dembele sudah mulai berubah. Ia sudah mengatur makanannya dan tidak lagi keranjingan game. Namun, porsi latihannya yang tidak seimbang membuat cedera parah lagi. Sesuai menu latihannya, ia hanya disiapkan berlari 20 persen, tapi, ketika bertanding, ia harus berlari sampai 90 persen. (amr)

DATA DIRI

Bagikan berita ini:
5
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar