Bergantung dari Iuran SPP, Pemkot Makassar Diminta Beri Subsidi untuk Sekolah Swasta

Sabtu, 18 April 2020 17:22

Wahab Tahir

FAJAR.CO.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Komisi D DPRD Makassar yang membidangi pendidikan dan kesejahteraan rakyat, Abdul Wahab Tahir meminta pemerintah kota Makassar mengeluarkan kebijakan khusus bagi sekolah swasta di tengah masa pandemi ini.

Kebijakan intervensi menurut Wahab bisa berupa pemberian subsidi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk sekolah swasta. Pasalnya saat siswa melakukan pembelajaran jarak jauh, pembayaran iuran SPP siswa ikut tersendat.

“Kita berharap ada kepedulian pemerintah terhadap keadaan sekolah swasta saat ini. Karena jika sekolah swasta dalam pembelajaran jarak jauh dibebaskan dari SPP bulanan tentu sekolah swasta keteteran. Karena operasional serta gaji guru mereka berasal dari iuran SPP,” jelas Wahab di Kantor DPRD Makassar, Jumat (17/4/2020).

Salah satu solusi terbaik menurut politisi Golkar ini adalah kebijakan khusus dari pemerintah agar masalah ini temui titik terang.

Namun, lanjut Wahab, ada juga sebagian dari sekolah swasta yang mandiri atau berbasis sosial seperti sekolah milik sejumlah organisasi masyarakat. Sekolah seperti ini biasanya tidak sepenuhnya menggantungkan hidup dari iuran SPP siswa. 

Kendati demikian, ‘nyawa’ mereka tidak akan bertahan lama. Intervensi dari pemerintah tetap mereka butuhkan.

“Saya meminta pemerintah menggunakan policy intervensi memberikan jalan keluar atas masalah yang dialami sekolah swasta. Policy Intervensi bisa dalam bentuk subsidi silang. Tapi ada juga sekolah swasta yang mandiri berbasis sosial seperti sekolah milik ormas-ormas,” tandasnya.

Komentar