Dianggap Berpolitik Praktis, Komisi ASN: Iqbal Suhaeb Tidak Langgar Kode Etik

Sabtu, 18 April 2020 10:21

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah mempelajari dan melakukan pemeriksaan seksama terkait dugaan pelanggaran Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.

Sebelumnya KASN menerima aduan atas tindakan Pj Walikota yang memposting foto kegiatan salah satu tim bakal calon Walikota Makassar di akun Instagram pribadinya @iqesuhaeb. Kemudian ada seseorang yang mengirimkan foto screenshoot, di Instagram tentang temuan tersebut.

Iqbal dianggap telah melanggar kode etik karena semua ASN tanpa kecuali dilarang berpolitik praktis.

Dalam surat yang dikeluarkan KASN prihal Rekomendasi Atas Dugaan Pelanggaran Kode Etik dan Kode Perilaku ASN atas nama Iqbal Suhaeb dinyatakan bahwa menurut keterangan pemilik Instagram atau terlapor pada awalnya tidak mengetahui foto kegiatan tersebut.

KASN juga menyebut, satu hari setelah diposting, foto kegiatan tersebut kemudian telah dihapus.

“Kami nilai tindakan tersebut belum memenuhi unsur pelanggaran kode etik dan kode perilaku pegawai ASN,” tegas Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto.

Namun atas kelalaian tersebut KASN meminta Gubernur Sulawesi Selatan sebagau Pejabat Pembina Kepegawaian untuk memberi peringatan kepada Iqbal Suhaeb agar berhati-hati dan bijak menggunakan dan mengelola media sosial atau menyerahkan pengelolaan media sosial ke pihak lain agar tidak diindikasikan keberpihakan atau berpolitik praktis.

KASN juga meminta Iqbal Suhaeb memberi peringatan kepada admin atau pengelola akun media sosialnya, Nurdiyana Natsir karejlna sudah lalai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengelola akun. Serta jika mengulangi perbuatannya tentu akan dijatuhi sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan. (endra/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI