Obat Covid-19 Belum Ditemukan, Plasma Darah Pasien Sembuh Jadi Alternatif

Sabtu, 18 April 2020 22:22

Para peneliti berlomba menemukan vaksin covid-19.

FAJAR.CO.ID — Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan Palang Merah Indonesia (PMI) tengah bersatu ‎mencari cara mengobati para pasien yang tertular virus Korona di Indonesia.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio, mengatakan, bersama dengan PMI pihaknya akan merekrut pasien yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona ini untuk mengambil plasma darahnya.

“Kami akan pastikan bahwa mereka itu cukup aman, sehat, darahnya mengandung antibodi yang cukup baik dan tidak ada virus ataupun bakteri lain. Kemudian kita minta kesediaan mereka untuk mendonasikan plasmanya,” ujar Amin, Sabtu (18/4/2020).

Amin mengatakan, plasma yang didonasikan pasien yang telah sembuh tersebut nantinya akan diberikan kepada pasein ‎yang terpapar virus corona. Sehingga bisa mengobati pasien yang terkena virus tersebut.

‎”Serum pasien yang sudah sembuh memiliki potensi untuk dipergunakan membantu pasien-pasien yang dalam keadaan berat itu untuk bisa survive,” katanya.

Terpisah, ‎Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said mengatakan, kerja sama dengan Lembaga Eijkman ini karena didasari beberapa negara yang telah melakukan donasi plasma darah pasien yang sembuh kepada mereka yang mengidap corona.

“Sebetulnya ini inisiatif dari Lembaga Eijkman. Beliau pasti memperhatikan perkembangan yang ada di dunia dan akhirnya muncul ide karena di negara lain sempat dicoba bagaimana menggunakan plasma darah dari pasien yang sudah sembuh itu,” ungkapnya.

Komentar


VIDEO TERKINI