Pakai Jas Hujan Kresek, Dokter THT di Makassar Tertular Covid-19

Sabtu, 18 April 2020 14:30

ILUSTRASI: Petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) saat memasuki ruang dari jas hujan kresek. (ANANIAS AYUNDA PRIM...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesi (IDI), Daeng M Faqih‎ mengatakan ada seorang dokter THT di Makassar tertular virus corona atau Covid-19 karena memakai alat pelindung diri yang tidak sesuai standar.

Daeng mengatakan, dokter yang tertular virus Korona dari pasien pada saat awal-awal Indonesia terkena pandemi Covid-19. Dokter tersebut menggunakan APD berbahan plastik mirip jas hujan kresek.

‎”Dokter THT di Makassar itu dulu tertular waktu mengerjakan atau memeriksa pasien dengan APD yang terbuat dari plastik biasa,” ujar Daeng dalam diskusi secara virtual, Sabtu (18/4/2020).

Daeng menambahkan pada saat awal-awal Indonesia menghadapi pandemi corona ini banyak tenaga medis yang tertular virus Korona. Hal itu karena APD tersebut dimodifikasi oleh para dokter karena kekurangan APD.

“APD banyak sekali kekurangannya hingga kawan-kawan banyak melakukan modifikasi. Dari modifikasi tersebut kita tahu bahwa tidak bisa 100 persen mencegah tertular,” katanya.‎

Sehingga memang kebutuhan APD sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis yang berjuang dalam menangani virus corona terhadap pasien. ‎Hal ini perlu mendapatkan sorotan dari pemerintah.

“Jangankan RS daerah. RS swasta yang di seputaran Jabodetabek yang diminita menangani Covid oleh pemerintah itu sekarang lagi kesulitan APD dan mengajukan ke pemda masing-masing tapi ada yang diberi sangat terbatas‎,” ungkapnya.

Komentar


VIDEO TERKINI