Terungkap! Mourinho Khianati Liverpool, Sudah Deal Lalu ke Chelsea pada 2004

Sabtu, 18 April 2020 21:34

Jose Mourinho/UEFA.com

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool mungkin seharusnya sudah mengakhir paceklik gelar Premier League mereka sejak 2005 lalu. Namun, kesempatan itu malah jatuh ke tangan klub ibukota, Chelsea. Loh, kok bisa?

Seperti diketahui, kedatangan Jose Mourinho ke Stamford Bridge memainkan peran penting dalam kemunculan Chelsea sebagai kekuatan besar Liga Inggris. Di musim pertamanya, Mourinho yang kala itu baru saja memimpin FC Porto juara Liga Champions langsung mempersembahkan gelar bagi The Blues.

Lalu, apa hubungannya dengan Liverpool? Menurut mantan penasihat Mourinho, ia tidak seharusnya menandatangani kontrak dengan klub London barat. Di tengah-tengah kampanye yang biasa-biasa saja di bawah Gerard Houllier, Liverpool membuat langkah mereka untuk mengakuisisi Mourinho sebelum pertandingan perempat final Liga Champions melawan Lyon pada April 2004.

Sebuah buku baru berjudul, “Mourinho: Behind the Special One”, dari asal ke masa kejayaannya , ditulis oleh jurnalis Prancis Nicolas Vilas merinci seberapa dekat Mourinho bergabung dengan klub Merseysiders sebelum intervensi Roman Abramovich.

“Mourinho seharusnya pergi ke Liverpool. Rick Parry (saat itu chief executive) bertanggung jawab atas transfer dan kami memiliki perjanjian. Mereka meminta kami menunggu selama 15 hari karena Houllier masih menjadi manajer The Reds,” beber Jorge Baidek, mantan penasihat Mourinho dikutip dari Metro.co.uk.

Agen Prancis, Bruno Satin terlibat dalam negosiasi untuk kesepakatan yang akan membuat Mourinho pindah ke Anfield. Namun, Jorge Mendes memberi tahu Chelsea tentang kemungkinan menggoda Mourinho dengan tawaran yang lebih menarik.

Sebuah pertemuan pun dijadwalkan sebelum semi-final melawan Deportivo La Coruna di Porto, di mana Mourinho bertemu Abramovich untuk pertama kalinya. Pertemuan itu diteruskan sehari setelah final Liga Champions di Gelsenkirchen. Dan, Mourinho pun mendarat di Stamford Bridge.

Liverpool saat itu terpaksa memilih Rafa Benitez sebagai penerus Houllier. Dan seperti diketahui, Liverpool harus melihat Chelsea berpesta juara. Mourinho memimpin Chelsea meraih gelar Liga Premier berturut-turut sebelum akhirnya pindah ke Inter Milan. (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI