5 Pedoman Lindungi Diri Saat Belanja di Supermaket

Minggu, 19 April 2020 19:02

Foto warga berbelanja di Mal Gancit menggunakan APD. (istimewa).

FAJAR.CO.ID — Meski kebijakan physical distancing tetap dilakukan selama pandemi virus Korona, tetap saja setiap orang harus berbelanja kebutuhan pokok. Supermarket adalah salah satu layanan publik ritel yang tetap buka selama pandemi. Tapi, selain tetap menjaga jarak, ada hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum keluar rumah dan berbelanja.

Pedoman baru ini memberi tahu apa yang harus dilakukan pembeli sebelum, selama dan setelah perjalanan mereka ke supermarket untuk meminimalkan risiko tertular Covid-19. Dilansir dari Mirror, Minggu (719/4), ada beberapa cara yang harus dilakukan saat memutuskan akan berbelanja ke supermarket. Seperti pedoman yang diterbitkan oleh Institut Kesehatan Lingkungan Chartered (CIEH) dan Asosiasi Kesehatan Lingkungan Irlandia (EHAI), serta Jaringan Kesehatan Global Irlandia (IGHN).

1. Hati-Hati Saat Menyentuh Barang

Dilarang menyentuh troli, barang, dan berdiri terlalu dekat dengan pembeli lain. Sebab jika tidak, bisa mengakibatkan potemsi penularan virus.

2. Pakai Hand Sanitizer dan Masker

Jangan lupa menggunakan hand sanitiser tangan dan menjaga jarak sosial. Itu menjadi kunci perlindungan yang aman. Serta jangan lupa memakai masker saat keluar rumah.

3. Harus Benar-Benar Penting

Penting untuk mempersiapkan langkah-langkah yang harus Anda ambil sebelum berbelanja, selama perjalanan dan sesudahnya. Sejauh ini belum ada kasus Covid-19 yang dilaporkan terkait dengan makanan yang terkontaminasi. Risiko utama bagi pembeli adalah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Komentar


VIDEO TERKINI