Chloroquine Bisa Obati Covid-19, Dokter: Tidak Semua Pasien Cocok

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pandemi covid-19 yang mewabah di Indonesia hingga saat ini belum juga usai. Salah satu penyebabnya hingga kini belum ada obat khusus untuk mengobati virus mematikan tersebut.

Namun, salah satu Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Suriani Alimuddin mengatakan, dalam mengobati pasien covid-19, selama ini dirinya menggunakan salah satu obat yang dinamakan Klorokuin atau Chloroquine.

"Kita pakai (Klorokuin), kita pakai pada saat mereka penderita Covid-19," katanya saat ditemui di Rumah Sakit Sandi Karsa, Sabtu (18/4/2020).

Diketahui, obat tersebut ampuh dalam menyembuhkan virus corona. Apalagi, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperbolehkan penggunaan obat tersebut.

Namun, ia mengaku, bahwa tidak semua pasien bisa diberikan obat yang sama. Pasalnya, pengunaannya kembali lagi bergantung kepada kondisi penderita.

"Prinsipnya kalau kita berhadapan dengan virus, virus itu masuk ke dalam sel kita, merusak imun kita, beda mungkin dengan beberapa penyakit pategon lain, tapi masuk ke dalam sel. Memang beberapa penelitian, ada yang bisa tapi ada beberapa jatuh malah meninggal dengan obat yang sama," ungkapnya.

Menurut Suriani, ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan dalam penggunaan obat Klorokuin.

"Apa yang membedakan penyakitnya sama tapi satu berhasil tapi satu tidak. Bergantung host-nya, penderitanya, bisa saja karena usianya," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menyebut penggunaan obat ini memang sudah menjadi wewenang oleh Dokter Ahli Spesialis Penyakit Dalam. Merekalah yang bisa menentukan bisa atau tidaknya klorokouin digunakan terhadap pasien Corona.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan