Ilmuwan Iran Bersiap Produksi Antibodi untuk Covid-19

Minggu, 19 April 2020 17:09

Antibodi buatan Iran siap diproduksi untuk melawan virus corona-- iranpress

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Upaya para peneliti Iran dalam melawan virus corona terus mengalami kemajuan. Ilmuwan Republik Islam Iran itu kini sedang bersiap memproduksi imunoglobulin spesifik (antibodi) untuk mencegah virus corona (covid-19).

Antibodi adalah protein pelindung yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap keberadaan zat eksternal.

Kepala Rencana Perawatan Berbasis Plasma Iran, Hassan Abolghasemi mengatakan gagasan para ilmuwan Iran untuk membuat antibodi kini sudah tahap akhir.

Hassan Abolghasemi menambahkan, produk yang sedang menunggu persetujuan Departemen Kesehatan, memiliki keunggulan pemurnian plasma dan perawatan yang mudah.

“Plasma harus disimpan pada suhu di bawah minus 20 derajat dan dalam kantong khusus, tetapi dalam kasus ini, sampel juga dapat disimpan di apotek,” katanya dilansir iranpress, Minggu, (19/4/2020).

Diketahui, COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 2,25 juta orang dan menewaskan sedikitnya 158.000 di seluruh dunia, menurut Universitas Johns Hopkins.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Iran mengumumkan bahwa sejauh ini lebih dari 55.987 pasien COVID-19 telah pulih dari penyakit ini, dan melaporkan penurunan jumlah kematian setiap hari selama 6 hari berturut-turut dengan 73 kematian. (fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI