Masa Darurat Corona, Pelni Tetap Angkut Logistik ke Seluruh Wilayah Indonesia

Minggu, 19 April 2020 12:09

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Di tengah situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, PT Pelni (Persero) tetap memaksimalkan pelayanan, kapal-kapal penumpang dioptimalkan untuk angkutan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat jelang Ramadhan 1441 H dan Lebaran Idul Fitri 2020.

Sebagai BUMN transportasi laut yang menjadi tulang punggung ketersediaan logistik nasional, Pelni tetap berkomitmen mengoperasikan kapal-kapalnya untuk membantu pemerintah daerah dan masayarakat dalam distribusi logistik nasional.

Pelni siap mengoperasikan kapal-kapalnya secara bergantian ke beberapa daerah yang tetap membuka pelabuhanya, terutama untuk angkutan barang dan sebagain kecil angkutan orang bagi daerah yang mengijinkan penumpang turun.

Terkait dengan penutupan sejumlah pelabuhan di Indonesia, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro menjelaskan bahwa beberapa daerah menutup pelabuhan untuk kegiatan naik turun penumpang, namun masih memperbolehkan kapal-kapal Pelni untuk mengangkut barang dan diizinkan melakukan kegiatan bongkar muat logistik.

“Sekitar 50 persen kapal penumpang PT Pelni memiliki ruang untuk mengangkut muatan container baik itu dry ataupun reefer container, angkutan general cargo dan beberapa kapal bisa mengangkut kendaraan. Potensi ini kami maksimalkan pengangkutan logistik sehingga kebutuhan barang di daerah, khususnya Indonesia Timur dapat terpenuhi,” terang Yahya Kuncoro dalam keterangan pers, Minggu (19/4/2020).

Selain itu, pada sisi transportasi penumpang, sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19, sejak 4 April 2020 Manajemen Pelni telah mengambil keputusan untuk menjual tiket maksimal 50% dari kapasitas seat terpasang pada masing-masing kapal.

Bagikan berita ini:
3
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar