Minta Camat Selalu Hadir di Tengah Pandemi, IDP: Pemerintah adalah Pelayan Masyarakat

Minggu, 19 April 2020 11:20

Indah Putri Indriani

Fajar.co.id, Luwu Utara — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menggelar Video Conference (Vicon) via Zoom dengan pimpinan Perangkat Daerah dan para camat, Sabtu (18/4/2020) kemarin.

Vicon tersebut sebagai tindaklanjut dari vicon yang diikuti Bupati Indah bersama Mendagri, Tito Karnavian terkait tata cara realokasi dan refocusing APBD 2020 untuk percepatan penanganan covid-19.

“Sesuai arahan Mendagri, Bapak Tito Karnavian, realokasi dan refocusing yang diharuskan oleh Pemerintah Pusat dan memang menjadi kebutuhan disaat pandemi seperti ini difokuskan pada tiga hal yaitu penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial (social safety net), dan penanganan ekonomi saat dan pasca pandemi,” terang Bupati Indah mengawali vicon yang berlangsung sekira 4 jam itu.

Selain realokasi dan refocusing anggaran, IDP juga menyampaikan beberapa hal penting diantaranya penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) harus memiliki rekening untuk mendukung program pemerintah yakni “one person, one account.”

“Meski di tengah pandemi, program pemerintah harus tetap berjalan, diantaranya kita harus menyiapkan one person one account untuk penerima BLT. Kemudian kepada para kepala desa untuk mengelola dana desa secara padat karya tunai, agar pertumbuhan ekonomi tetap bertumbuh. Di tingkat desa, agar segera membentuk relawan desa (terdiri atas semua unsur desa), juga menyiapkan rumah isolasi mandiri,” tutur bupati yang karib disapa IDP ini.

Komentar


VIDEO TERKINI