PSBB Penumpang Dibatasi, Sopir Daerah Pilih Naikkan Tarif

Minggu, 19 April 2020 10:20

ILUSTRASI mudik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar yang akan diterapkan 24 April mendatang, membuat para sopir mobil harus rela mengurangi penumpang hingga 50 persen.

Ashar Anwar, salah satu sopir antar daerah, mengaku setuju dengan pengurangan jumlah penumpang yang akan diterapkan oleh pemerintah.

“Kalau masalah pembatasan penumpang memang bagus, selain mencegah virus corona, beban mobil juga tidak terlalu berat membawa penumpang. Jadi ambil saja hikmahnya,” kata Ashar, Minggu ( 19/4/2020).

Ashar menuturkan, sekarang jumlah penumpang di mobilnya hanya maksimal empat orang saja, dari sebelumnya yang berjumlah 7 orang.

“Sekarang penumpang sisa empat, tidak ada boleh duduk di depan selain sopir, dua di tengah dan dua di belakang,” sambungnya.

Ditanya mengenai adanya penurunan pendapatan, ia menyebut hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti.

“Kalau itu otomatis kami kasi naik harga, misalnya saya yang biasanya memasang harga 70 ribu, sekarang naik menjadi 100 ribu,” ungkapnya.

Kalau kita tidak kasi naik harga, bisa rugi tidak ada pendapatan. “Penumpang juga sudah paham dengan keadaan sekarang,” terang sopir daerah Soppeng tersebut.

Lebih jauh, kata Ashar, tarif tersebut hanya selama pandemi corona ini. “Kalau sudah normal, hilang virus corona, sudah kembali ke tarif normal,” terangnya. (ikbal/fajar)

Komentar