Saat Stres Hindarilah Minum Kopi, Ini Penjelasan Ahli

Minggu, 19 April 2020 15:51

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID — Secangkir kopi bisa menjadi pembangkit mood atau mood booster. Maka saat sedang letih atau memulai hari, minum kopi bisa meningkatkan semangat serta energi. Tapi ternyata, Anda disarankan sebaiknya tidak minum kopi saat sedang stres dan cemas.

Dilansir dari NDTV, Minggu (19/4), menurut ahli, kebiasaan minum kopi selama stres tidak ada gunanya bagi kesehatan. Para ahli mengatakan bahwa kopi dan sejumlah jenis makanan justru sebaiknya dihindari atau dikurangi saat sedang stres.

Kopi sering dikaitkan dengan peningkatan energi instan, meningkatkan produktivitas seseorang. Tetapi sesuai saran para ahli, asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki efek yang berlawanan dan selanjutnya dapat mengintensifkan perasaan stres dan kecemasan. Justru lebih tegang lagi usai minum kopi.

Terlalu banyak kafein dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan. Ahli Kesehatan Kiran Dalal dari Rumah Sakit Fortis Escorts menjelaskan, dua hingga tiga cangkir kopi aman dalam sehari jika seseorang tidak memiliki asam lambung. Kopi dapat meningkatkan tingkat energi di pagi hari. Kopi mengandung beberapa manfaat kesehatan dan antioksidan tertentu.

“Jika tubuh menerimanya dan tidak menunjukkan rasa tidak nyaman, tidak apa-apa meminum dua hingga tiga cangkir kopi dalam sehari,” katanya.

Beberapa penelitian telah menyoroti manfaat minum kopi, sementara banyak juga yang menggambarkan efek berbahaya dari minum terlalu banyak kopi. Jika Anda minum lebih dari 5 gelas sehari, itu bisa sangat berbahaya bagi tubuh Anda.

Komentar


VIDEO TERKINI