Tambang Longsor, 4 Orang Tewas Tertimbun

Minggu, 19 April 2020 19:21

proses evakuasi korban longsor di kabupaten Bulukumba--radar selatan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Tambang galian di Desa Caramming, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, longsor, Minggu 19 April 2020. Empat orang ditemukan tewas tertimbun longsor.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Bulukumba, Abdul Gaffar, 4 orang yang ditemukan meninggal dunia ini antara lain, Jafar (50) yang diketahui sebagai pemilik lahan tambang, Bambang (20), Akbar (25), dan Wahyu, bocah yang baru duduk di bangku sekolah dasar.

Diketahui keempat korban yang meninggal dunia tersebut merupakan warga dari Desa Balangpesoang, Kecamatan Bulukumpa.

“Menurut informasi mereka (korban, red) masih berkeluarga satu sama lain,” ungkap Gaffar.

Menurut Abdul Gaffar, saat kejadian terdapat 5 orang di lokasi tersebut yang sedang menaikkan galian tanah ke atas mobil truk, dan tiba-tiba saja terjadi longsor. Empat orang tertimbun, dan 1 lainnya atas nama Mahir Mappi berhasil menyelamatkan diri, dan meminta bantuan ke warga sekitar lokasi.

Proses evakuasi korban pun dilakukan dengan bantuan alat berat.

Abdul Gaffar menduga, longsor terjadi karena terdapat keteledoran dalam penggalian tambang tersebut. “Cara menggali yang hanya mengeruk sisi bawahnya saja itu yang kemudian menyebabkan terjadinya runtuhan tanah dari atas,” ujar Gaffar.

Empat korban tewas setelah ditemukan, langsung dibawa ke RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba. (radarselatan/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI