Arab Saudi dan Turki Memanas Gegara Jamal Kashoggi, Sudah Saling Blokir

Senin, 20 April 2020 15:03

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan--afp

FAJAR.CO.ID, ANKARA – Pemerintah Turki memblokir sejumlah situs berita Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UAE). Kebijakan tersebut merupakan balasan setelah lembaga penyiaran dan kantor berita Turki terlebih dahulu diblokir di Arab Saudi.

Langkah saling membalas itu disebut-sebut terkait dengan perselisihan terkait pembunuhan jurnalis Jamal Kashoggi pada 2018 lalu di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, yang kemudian membuat relasi antara kedua negara menjadi buruk.

Pengguna internet di Turki sempat mencoba mengakses situs kantor berita Arab Saudi SPA, kantor berita UAE WAM, dan sejumlah situs lainnya hingga mereka mendapat pesan yang bertuliskan bahwa situs-situs tersebut diblokir oleh pihak berwenang Turki.

Situs berita berbahasa Turki dari media independen yang berbasis di London dan dijalankan oleh perusahaan asal Arab Saudi, independentturkish.com, menjadi salah satu laman internet yang diblokir.

“Kami yakin bahwa ketegangan antara Arab Saudi dan Turki terlukiskan dengan apa yang kami alami,” kata editor Nevzat Cicek, yang juga menyebut bahwa pemblokiran itu terlihat seperti upaya balasan terhadap Arab Saudi.

Bagikan berita ini:
6
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar