Kemenkumham Sulbar: Awasi Napi Asimilasi

Senin, 20 April 2020 21:03

epala Kanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto memerintahkan kepada Kalapas, Karutan dan Kabapas di wilayahnya untuk me...

FAJAR.CO.ID,MAMUJU– Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto memerintahkan kepada Kalapas, Karutan dan Kabapas di wilayahnya untuk mengawasi napi yang menjalani asimilasi. Terutama agar mereka taat aturan.

“Berikan data identitas, foto dan sidik jari napi yang asimilasi ke pihak kepolisian dan perangkat daerah untuk diawasi bersama,” ucap Harun saat memberikan arahan ke UPT Pemasyarakatan se-Sulbar melalui teleconference, Senin,(19\04).

Rapat secara virtual tersebut dipimpin Kakanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto didampingi Kadivpas Elly Yuzar, Kabid Pembinaan Subakdo dan Kabid Pelayanan Tahanan Idam Wahyu.

Harun minta agar buat mereka membuar grup WhatsApp denga napi asimilasi, beserta pihak kepolisian dan Pemda setempat untuk memudahkan pengawasan. Melakukan assesment dan menelusuri latar belakang napi sebelum memberikan asimilasi, seperti napi pencurian dengan kekerasan, residvis, asusila dan perlindungan anak. “Minta jaminn ke keluarganya bahwa dia tdak melanggar hukum lagi,” ucap Harun

Ia juga meminta jajarannya berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk memberikan bantuan sosial (bansos), kepada Disnaker untuk kartu pra kerja dan pihak perbankan untuk CSR bagi napi yang menjalani asimilasi. Penekanannya adalah jangan ada pungli dalam proses asimilasi ini. “Publikasikan hal-hal tersebut ke media sebagai keterbukaan kita dan tetap lakukan protokol kesehatan Pencegahan Covid-19 di lapas dan rutan,“ tutup Harun. (rls)

Komentar


VIDEO TERKINI