Mahasiswa UNS Tertular Covid-19 saat Merawat Pasien di RSPAD Gatot Subroto

Senin, 20 April 2020 13:23

Ilustrasu. Para perawat di unit perawatan khusus gedung Rumah Sakit Penyakit Tropis Infeksi di RSUA saling membantu mema...

FAJAR.CO.ID, SOLO – Seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) dinyatakan positif terinfeksi Corona (Covid 19).

Saat ini, mahasiswa tersebut menjalani karantina di Wisma Atlet Jakarta. Dengan kasus baru ini, total ada dua mahasiswa UNS yang positif Covid-19.

Mahasiswa UNS positif Covid-19 kedua tersebut sebelumnya menjalani praktik dokter residen di Rumah Sakit Pendidikan Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. Yang bersangkutan diketahui tertulari pasien yang tengah dirawat di RS tersebut.

“Kami ada dua mahasiswa yang positif Covid 19. Satu positif di RSPAD, sekarang dirawat di Wisma Atlet. Sakitnya justru lebih lama dari yang satu yang dirawat di RS UNS. Tertular tidak dalam proses pembelajaran di sini. Namun, di tempat lain,” kata Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UNS Reviono, Minggu (19/4).

Lebih lanjut dijelaskan Reviono, mahasiswa yang menjalani program pendidikan dokter spesialis (PPDS) bedah ortopedi di RSPAD Gatot Soebroto itu telah tertulari virus lebih lama daripada mahasiswa positif Corona di Solo.

Hingga pemeriksaan swab terakhir, mahasiswa tersebut masih positif Covid-19. Namun, kondisinya mulai membaik.

Mahasiswa tersebut diketahui menjalani stase bersama lima temannya. Dokter muda tersebut diketahui tertulari ketika menjalani stase di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Yang bersangkutan punya riwayat merawat pasien stroke di RSPAD.

Namun, pasien tersebut belum terdiagnosis dan belum tercurigai sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Setelah ditelusuri, pasien yang dirawat ada dugaan PDP.

Komentar


VIDEO TERKINI