Selain Perwira Polisi, Pelaku Tembak Mati 15 Warga sebelum Tewas

Senin, 20 April 2020 19:31

Foto: AP

FAJAR.CO.ID, NOVA SCOTIA—Pelaku penembakan di Nova Scotia total menewaskan 16 orang. Seorang perwira polisi dan guru sekolah dasar dilaporkan menjadi salah satu korban aksi brutal di bagian pedesaan Kanada tersebut.

Perwira polisi yang dilaporkan meninggal bernama Heidi Stevenson. Ia telah menjadi polisi selama 23 tahun. Pelaku penembakan, Gabriel Wortman, 51 dibunuh oleh polisi lainnya setelah perburuan selama 12 jam.

Asisten Komisaris Lee Bergerman mengatakan: “Apa yang telah terjadi semalaman hingga pagi ini tidak dapat dipahami dan banyak keluarga mengalami kehilangan orang yang dicintai. Itu termasuk keluarga Royal Canadian Mounted Police (RCMP).”

“Kesedihan yang luar biasa dan saya berbagi dengan Anda bahwa kami kehilangan Polisi Heidi Stevenson, yang terbunuh pagi ini, ketika menanggapi insiden penembak. Perwira lain terluka dan dirawat di rumah sakit dengan luka yang mengancam jiwa,” lanjutnya.

Komisaris RCMP Brenda Lucki mengatakan bahwa polisi mengetahui setidaknya 16 korban. Salah satu koran lokal mengatakan seorang guru sekolah dasar termasuk di antara para korban. Beberapa korban ditemukan di luar dan di dalam sebuah rumah di Portapique.

Kepala Inspektur RCMP Chris Leather mengatakan bahwa tersangka sempat terlihat mengenakan bagian dari seragam polisi dan mengendarai kendaraannya. Namun, ia memastikan pelaku bukan seorang perwira polisi. “Pencarian tersangka berakhir pagi ini ketika tersangka ditemukan. Dan saya dapat mengonfirmasi bahwa dia sudah meninggal,” tegasnya.

Pencarian awal terhadap tersangka dilakukan di beberapa situs di daerah itu, termasuk bangunan yang terbakar. Juru bicara polisi lainnya mengatakan, tanpa perincian lebih lanjut, bahwa pria bersenjata itu tewas setelah seorang petugas turun tangan.

Sebuah agen independen, Serious Incident Response Team (SiRT), yang menyelidiki insiden-insiden tertentu yang melibatkan kepolisian provinsi, mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki penembakan seorang pria di Enfield oleh petugas RCMP.

SiRT mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa konfrontasi telah terjadi di Enfield, yang dekat bandara Halifax, mengakibatkan petugas melepaskan tembakan. Tersangka menurut SiRT ditemukan meninggal di tempat kejadian.

Polisi mengatakan mereka tidak memiliki indikasi motif pelaku penambakan. Lucki juga menegaskan kepada CBC bahwa tidak ada indikasi pelaku terkait teroris. Perdana Menteri, Justin Trudeau sementara itu mengatakan sangat sedih dengan kekerasan yang tidak masuk akal di Nova Scotia ini.

Seorang anggota dewan yang mewakili Portapique di Kotamadya Colchester, Tom Taggart dikutip The National Post mengatakan, “Benar-benar luar biasa bahwa ini bisa terjadi di komunitas kami. Saya tidak pernah bermimpi ini akan terjadi di sini.” (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI